Pengertian Branding dan Beberapa Manfaatnya

Anda mungkin pernah mendengar tentang “branding” dalam kaitannya dengan pemasaran, namun Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya maksudnya.

Ada yang menganggap branding itu mirip dengan positioning, padahal berbeda. Perbedaan utamanya adalah positioning merupakan konsep yang berubah-ubah. Dengan kata lain, Anda dapat memposisikan diri Anda pada waktu yang berbeda dan di pasar yang berbeda sebagai hal yang berbeda. Merek lebih konsisten itu adalah faktor pengenalan utama.

Apa Itu Branding?

Branding adalah tentang mengikuti aturan, karena jika Anda tidak mengikuti aturan, segalanya tidak akan terlihat sama dan orang tidak akan mengingat Anda. Saat Anda mempublikasikan artikel pemasaran, Anda ingin menciptakan tampilan dan nuansa serupa sehingga orang-orang mengingat Anda. Dan Anda menginginkan tampilan dan nuansa serupa dalam segala hal yang Anda keluarkan.

Bagusnya bisa dibuat aturannya, warnanya sama, gaya tulisannya sama, logonya sama dan lain sebagainya. Ada beberapa fleksibilitas selama Anda mengikuti aturan. Anda tidak dapat melangkah terlalu jauh, tetapi Anda dapat mengubah beberapa hal dalam kerangka yang masih dapat dikenali oleh orang lain.

Merek dalam pemasaran Anda harus membuat Anda merasakan sesuatu. Perusahaan teknologi tidak boleh memiliki font kuno – Anda mungkin menganggapnya tidak terlalu canggih.

Merek tersebut menyerupai lambang kuno yang biasa diasosiasikan oleh keluarga dengan nama mereka. Itu akan menanamkan rasa hormat, ketakutan, kekayaan apa pun. Demikian pula, bendera suatu negara membuat masyarakat mempunyai perasaan tertentu terhadap negaranya.

Pikirkan tentang pesan yang ingin Anda gambarkan. Apa yang Anda ingin penerima promosi Anda pikirkan? Citra perusahaan Anda yang apa yang ingin Anda tampilkan? Ini adalah merek Anda. Ketika orang terus-menerus melihat Anda sebagai satu hal, mereka mulai mengharapkan hal yang sama dari Anda dan menjadi terbiasa dengan Anda.

BACA JUGA :   3 Keunggulan Mobil Hybrid Dibanding Mobil Tradisional

Pernahkah Anda Membranding Usaha Anda?

Merek pribadi yang Anda proyeksikan memengaruhi keputusan orang lain tentang kecerdasan, kepribadian, dan kemampuan Anda, serta menentukan apakah mereka ingin berbisnis dengan Anda. Cara Anda berpakaian (dan bertindak) memiliki dampak nyata pada orang yang Anda temui secara profesional dan sosial. Hal ini akan sangat mempengaruhi cara mereka memperlakukan Anda.

Manusia berpikir dengan matanya. Sebuah studi UCLA membuktikan bahwa 85% dari seluruh keputusan dibuat dengan mata. Ya, visual memang paling berpengaruh.

Jika merek pribadi Anda tidak profesional, harmonis, menarik dan menarik, Anda akan diabaikan dijamin. Mengembangkan merek pribadi yang dipikirkan dengan matang sangat penting untuk memiliki keunggulan kompetitif, memberikan dampak yang lebih besar pada orang lain, menarik lebih banyak bisnis, dan menjadi lebih sukses.

Sebelum Anda menjual sesuatu, baik itu produk, perusahaan, atau jasa, Anda terlebih dahulu menjual diri Anda sendiri. Ubah keseimbangan kekuatan sesuai keinginan Anda. Jika Anda memberi merek pada diri Anda dengan benar, Anda akan terlihat lebih menarik dan diminati.
Mari kita ambil contoh sebuah perusahaan besar dan sukses.

Mereka memahami kekuatan “branding” suatu produk. Mereka menghabiskan banyak waktu, uang, dan tenaga untuk menciptakan “merek” yang eye-catching dan cukup menarik untuk menjual produknya ke pasar. Mereka ingin melihat apakah pembeli memiliki hubungan yang kuat dengan merek tersebut.

Sekarang bayangkan diri Anda sebagai sebuah perusahaan dengan satu karyawan. Berapa banyak waktu, uang, dan energi yang Anda habiskan untuk mengembangkan “merek pribadi” yang cukup unik untuk dijual di pasar Anda? Individu dengan merek pribadi yang jelas memiliki status lebih, sehingga memberi Anda keuntungan besar dibandingkan persaingan di pasar. Jika Anda memiliki merek pribadi yang hebat, Anda sudah separuh dari penjualan dan jauh di depan pesaing Anda.

BACA JUGA :   10 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Menguntungkan

Manfaat Branding Logo

Bisnis Anda perlu menciptakan citra positif di benak konsumen Anda. Bertentangan dengan apa yang diyakini kebanyakan orang, branding lebih dari sekedar logo. Tujuan, fokus, dan citra suatu bisnis semuanya digabungkan untuk menciptakan sebuah merek. Mengapa Anda harus melakukan upaya ini? Berikut beberapa manfaatnya.

1. Kamu ingat. Sulit untuk mengingat perusahaan dengan nama umum. Anda mungkin tidak dapat membedakan antara tujuan dan fokus bisnisnya. Dan mengapa Anda menelepon perusahaan jika Anda tidak tahu apa yang mereka lakukan? Memberi merek pada bisnis Anda memastikan bahwa konsumen mengetahui bisnis Anda.

2. Dapatkan loyalitas pelanggan. Faktanya, orang-orang membentuk ikatan yang erat dengan identitas merek. Konsumen menginginkan produk yang dapat diandalkan dan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, bisnis Anda memerlukan identitas yang dapat melekat pada pelanggan Anda.

Jika perusahaan Anda menawarkan produk dan layanan hebat serta memiliki identitas merek yang hebat, orang-orang akan mengingat Anda. Selain itu, mereka sering mereferensikan teman dan keluarganya.

Anda menjadi terkenal. Anda ingin orang-orang yang belum pernah berbisnis dengan Anda mengetahui siapa Anda dan apa yang Anda lakukan. Ketika mereka melihat iklan Anda di billboard, mendengarnya di radio, melihatnya di TV dan media lainnya, mereka mengetahui identitas brand Anda. Dan ketika tiba saatnya mereka membutuhkan produk atau layanan Anda, perusahaan Anda akan menjadi hal pertama yang terlintas dalam pikiran mereka.

Konsumen membayar untuk gambar. Kami adalah masyarakat yang sangat sadar merek. Orang biasanya mengasosiasikan nama merek dengan kualitas dan mungkin hanya membeli merek tertentu karena alasan tersebut. Jika masyarakat hanya menginginkan satu merek pada suatu produk tertentu, maka mereka akan bersedia membayar dengan harga yang lebih tinggi. Memiliki merek yang hebat memberikan citra perusahaan Anda yang bagus dan membuat konsumen melupakan pesaing Anda.

BACA JUGA :   Cara Menghemat Uang Untuk Membeli Mobil Baru

Gunakan Logo Anda Secara Efektif

Semua halaman situs web Anda harus memiliki tampilan dan nuansa yang konsisten. Anda ingin memberi tahu pengunjung bahwa ketika mereka berpindah ke halaman lain, mereka sebenarnya belum meninggalkan situs Anda.

Sebagai bagian dari upaya pemasaran Anda, ikon untuk kembali atau halaman berikutnya, halaman pencetakan, dan bahkan ikon yang melapisi menu Anda semuanya harus mengikuti tema yang sama dengan situs Anda. Setiap aspek situs web Anda harus tentang merek Anda.

Membuat orang lain mengenali situs Anda lebih penting daripada membedakan situs Anda dari situs lain. Jika pengunjung membuka laman lain yang terlihat berbeda, mereka mungkin salah mengira bahwa mereka telah meninggalkan situs Anda dan keluar.

Konsep sederhana untuk branding pasar internet adalah dengan menggunakan logo sebagai ikon. Gunakan ini sebagai tombol dan setiap kali Anda mengkliknya, logo Anda akan terukir. Tentu saja, untuk digunakan sebagai ikon menu, ukurannya harus jauh lebih kecil daripada logo utama di halaman atau area lain, mungkin sekitar 16 x 16 piksel, namun gambar yang diskalakan mempertahankan branding di seluruh halaman dan membantu upaya pemasaran internet Anda. keuntungan.

Ditambah lagi, dengan tingkat branding di seluruh situs Anda, pengunjung Anda tidak akan ragu lagi di mana mereka berada. Anda juga dapat membuat gambar Anda lebih mengesankan dengan menampilkan ikon di favorit pengunjung yang menandai situs Anda.

Ingat, pelanggan tetap sering kali membeli lebih banyak daripada pengunjung pertama kali, dan memikirkan gambarannya akan membantu upaya pemasaran internet Anda.

Dengan sedikit kreativitas, Anda dapat membuat calon pelanggan otomatis memikirkan Anda ketika melihat logo Anda. Ini adalah salah satu metode branding yang paling sederhana namun efektif.