Ketahui Cara Mencegah Mata Ikan yang Menyakitkan

Rasa sakit dan pegal akibat kelainan kulit ini terkadang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Belum lagi kemunculannya di beberapa bagian tubuh yang terlihat membuat sebagian besar orang ragu dengan kondisi ini. Akibatnya, mereka yang menderita kapalan di kaki atau tangan akan mengalami krisis kepercayaan diri saat memakai sepatu terbuka, dan akhirnya harus menutupi area tersebut untuk menyembunyikannya.

Padahal, kondisi ini justru akan memperparah penyakit mata ikan Anda. Bagian kulit yang terkena mata ikan dan sering tertutup akan membuat area tersebut lembab. Akibatnya, kuman dan bakteri akan lebih mudah berkembang biak di area tersebut, dan akhirnya akan muncul infeksi yang bisa menular ke penyakit lain.

Kondisi inilah yang membuat mata ikan perlu segera diobati. Tak hanya efeknya yang mengurangi keindahan estetika kulit, rasa sakit akibat kondisi ini akan membuat penderitanya kesulitan menahan rasa sakitnya. Akibatnya, penderita mata ikan bisa menjadi lesu dalam menjalankan rutinitas sehari-hari. Pada saat yang sama, bagi pekerja, hal ini akan berdampak pada penurunan tingkat produktivitasnya.

Mengetahui cara mencegah dan mengobati penyakit mata ikan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena hanya ini satu-satunya solusi yang akan menyelamatkan Anda dari krisis rasa sakit dan kepercayaan diri yang Anda alami saat ini. Namun sebelum itu kita harus memahami lebih dalam tentang apa itu mata ikan, penyebab dan gejalanya. Simak beberapa penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA :   Apa Itu Hemoglobin? Fungsi, Nilai Normal dan Nilai Tidak Normal

Apa Itu Penyakit Mata Ikan?

Mata ikan atau dalam bahasa medis disebut clavus merupakan suatu kelainan kulit yang terjadi pada bagian tubuh tertentu, seperti kaki dan tangan. Penyakit ini muncul akibat infeksi human papilloma virus (HPV). Perlu diketahui bahwa virus jenis ini biasanya menyerang permukaan kulit tumit, telapak kaki, dan jari kaki.

Selain itu, ada dua jenis virus yang menyerang tubuh saat mata ikan muncul, yaitu HPV-1 dan HPV-2. HPV-1 adalah virus penyebab mata ikan di kaki, sedangkan HPV-2 adalah virus yang menyerang tangan.

Sebenarnya penyakit ini tidak berbahaya, namun rasa sakit dan tidak nyaman yang ditimbulkan oleh penyakit ini membuat orang tersebut sangat perlu melakukan tindakan medis untuk menghilangkan penyakit mata ikan yang dideritanya.

Selain itu, mata ikan merupakan penyakit yang menyebabkan penebalan dan pengerasan pada kulit yang diserangnya. Sebab, kondisi ini akan membuat bagian kulit yang terkena fisheye tampak kurang enak dipandang.

Selain itu, bagi penderita penyakit mata ikan dan penderita diabetes, pengobatan penyakit ini harus menjadi hal yang utama. Sebab bagi penderita penyakit ini, mata ikan yang muncul bisa disebabkan oleh kelainan pada pembuluh darah. Inilah sebabnya mengapa Anda harus berkonsultasi dengan dokter ketika Anda memutuskan untuk merawat mata ikan Anda.

Penyebab Penyakit Mata Ikan

Selain beberapa hal di atas, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya mata ikan pada tubuh:

  • Kebersihan yang buruk, seperti sepatu kotor atau basah
  • Tekanan berlebih karena memakai sepatu yang terlalu ketat
  • Gesekan terus-menerus dengan kaki atau tangan
  • Penggunaan kamar mandi secara universal seperti di rumah, gym, dll.

Gejala Mata Ikan

Ada rasa gatal di kulit kemudian berubah menjadi benjolan seperti yang terjadi saat digigit nyamuk, namun benjolan ini tidak terlihat merah, melainkan ada cairan di dalamnya. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini akan menjadi keras dan nyeri saat disentuh.

BACA JUGA :   Cara Membedakan Nyeri Dada dan Serangan Jantung

Cara Mencegah Mata Ikan

Mata ikan bukanlah penyakit yang serius. Namun pastinya seseorang tidak ingin bagian tubuhnya tersebut terkena masalah kulit ini, karena rasa tidak nyaman dan nyeri yang ditimbulkannya akan sangat mengganggu. Nah, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika ingin terhindar dari penyakit mata ikan.

1. Melindungi kulit

Hal pertama yang bisa Anda lakukan sebagai langkah awal agar terhindar dari penyakit mata ikan adalah dengan melindungi kulit tubuh Anda. Dengan waspada melindungi kulit, Anda tidak hanya dapat mencegah timbulnya mata ikan, tetapi Anda juga dapat terhindar dari segala masalah kulit.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit agar tidak terkena kapalan adalah dengan memakai kaus kaki yang lembut untuk membantu tubuh Anda menghindari gesekan langsung antara kulit kaki dan telapak kaki.

Untuk melindungi tangan, kenakan sarung tangan jika Anda sering menggunakan perkakas tangan, seperti menggunakan alat musik, mengendarai mobil, mengendarai sepeda motor, dan lain-lain.

2. Gunakan sepatu yang bersih dan nyaman

Mata ikan, terutama yang tumbuh di bagian kulit yang terkena gesekan, akan semakin parah jika tidak segera ditangani. Oleh karena itu, kulit kaki sering terserang kapalan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memperhatikan sepatu yang digunakan saat bekerja sehari-hari atau menjalankan tugas tertentu.

Gunakan sepatu yang nyaman, baik bahan maupun ukurannya. Artinya, jangan memakai sepatu ketat atau sepatu longgar karena akan memperparah gesekan di area tersebut.

3. Menjaga kebersihan tangan dan kaki

Virus dan kuman umumnya lebih mudah masuk ke dalam tubuh jika tubuh kotor dan tidak rapi, termasuk virus penyebab mata ikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan kaki dan tangan agar terhindar dari kapalan.

BACA JUGA :   Begini Cara Menahan Ngantuk Paling Banyak Dipake Orang

Jangan lupa untuk mengeringkan tangan dan kaki menggunakan handuk yang bersih dan lembut, karena kaki dan tangan yang basah akan memudahkan tumbuhnya mata ikan di area tersebut.

Bila perlu, tidak ada salahnya menggunakan scrub, khususnya untuk kaki, dengan cara memijat menggunakan air hangat yang dicampur garam. Hal ini bisa dilakukan hingga kaki menjadi lebih rileks. Lakukan perawatan ini secara rutin minimal seminggu sekali.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah munculnya mata ikan di kulit Anda. Pasalnya, kelainan kulit ini seringkali menimbulkan kondisi yang tidak nyaman, dan rasa nyeri yang ditimbulkannya mungkin membuat penderitanya kesulitan untuk menanggung kondisi tersebut.

Oleh karena itu, beberapa cara di atas semoga dapat membantu Anda dalam mengatasi penyakit mata ikan yang Anda alami.