10 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Menguntungkan

Banyak sekali ide-ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba jalankan. Kamu hanya perlu memilih ide bisnis rumahan mana yang sesusai dengan keahlian kamu dan segera membukanya hanya dengan modal yang minim.

Penghasilan yang didapat dari ide bisnis rumahan ini tentu akan menambah pundi-pundi rupiah kamu setiap harinya, sehingga setiap bulan kamu bisa membeli kebutuhan pokok rumah tangga.

Beberapa hal yang kamu butuhkan sebelum menentukan ide bisnis rumahan modal kecil menguntungkan untuk kamu jalankan adalah adanya modal usaha itu sendiri. Namun, kamu tidak  perlu khawatir.

Pada artikel ini akan memberikan kamu inspirasibaru untuk memilih ide bisnis rumahan apa yang cocok untuk kamu jalankan. Bahkan dengan modal yang minim sekalipun kamu akan memperoleh omzet yang besar seiring berkembangnya bisnis tersebut.

10 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Menguntungkan

Sebenarnya, ada banyak sekali ide bisnis rumahan yang peluangnya bisa membuat kamu untung besar. Meskipun tentu saja, tidak semua usaha akan bertahan lama seiring dengan perubahan yang terus terjadi di dunia ini. Simak beberapa peluang usaha rumahan yang tidak lekang oleh waktu.

1. Jasa Laundry Kiloan

Ide usaha rumahan selanjutnya adalah jasa laundry kiloan. kamu bisa memulainya dengan modal yang terbilang kecil. Untuk memulai bisnis laundry kiloan, kamu membutuhkan sebuah mesin cuci dengan pengering, alas setrika, setrika, dan pewangi atau deterjen. Bisnis ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, jika customer semakin banyak, kamu bisa mempekerjakan bantuan orang lain.

BACA JUGA :   3 Keunggulan Mobil Hybrid Dibanding Mobil Tradisional

2. Rental mobil

Jika kamu punya mobil lebih dari satu, dan lebih sering parkir di garasi rumah karena jarang dipakai, sebaiknya kamu mulai mencoba bisnis rumahan yang satu ini.

Dengan tingkat mobilitas manusia yang semakin tinggi, kebutuhan akan kendaraan bermotor juga semakin tinggi. Sayangnya, tidak semua orang seberuntung kamu yang memiliki rezeki lebih untuk membeli mobil.

Tantangan dari bisnis rumahan ini adalah risiko penipuan yang dilakukan oleh calon penyewa mobil kamu. Tentu hal ini dapat dihindari dengan berbagai cara misalnya, dengan memberlakukan persyaratan ketat bagi penyewa, atau bahkan kamu cukup hanya menyewakan mobil kamu ke orang terdekat kamu saja.

3. Usaha salon & tata rias

Jika kamu merupakan seseorang yang pernah mengenyam pendidikan di bidang salon dan tata rias, atau memiliki keterampilan di bidang ini, bisnis rumahan yang satu ini sangat menjanjikan untuk dicoba. Pada saat ini, permintaan untuk jasa make up artist sangat tinggi.

Khususnya para perempuan yang diharuskan untuk tampil spesial ketika menghadiri acara-acara seremonial seperti wisuda, pernikahan, atau bahkan untuk sekadar melakukan photo shoot.

Untuk melakukan bisnis rumahan yang satu ini, tentu kamu harus memiliki jiwa seni tata rias yang tinggi untuk menghasilkan kreasi yang yang artistik.

4. Bisnis Wedding Organizer

Bisnis ini bahkan bisa dimulai dengan modal sedikit, bahkan tanpa modal. Mengapa tanpa modal? Karena bisnis wedding organizer (WO) bisa dimulai dengan mengandalkan DP dari calon pengantin.

Untuk membuat WO, kamu membutuhkan tim yang cekatan karena akan mengatur acara pernikahan sehingga berjalan dengan sukses. Tak hanya itu saja, bisnis WO tak bisa berdiri sendiri. kamu membutuhkan banyak vendor lainnya, seperti catering, makeup artist, dokumentasi atau fotografer, orgen tunggal, dekorasi, dan pemilik gedung.

BACA JUGA :   Cara Menghemat Uang Untuk Membeli Mobil Baru

5. Jual Aneka Souvenir untuk Acara

Menjual aneka souvenir bisa menjadi ide bisnis rumahan selanjutnya. Ada banyak jenis souvenir yang dapat disesuaikan dengan acara, seperti souvenir pernikahan, acara kantor, ulang tahun anak, dan lainnya.

Ada jenis aneka souvenir, seperti lilin aromaterapi, dompet kartu, pengharum ruangan, sabun, tote bag, pouch, bahkan kaktus mini. Jika memiliki keahlian untuk membuat aneka souvenir, kamu bisa membuatnya sendiri. Namun, jika terkendala akan hal itu, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper untuk permulaan.

6. Jasa Desain Grafis

Memiliki skill desain grafis? Untuk menjadi desainer grafis pemula saat ini, kamu bisa belajar dengan mudah dan memanfaatkannya menjadi ide usaha rumahan yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi saat ini kebutuhan desain untuk pelaku UMKM cukup besar sebagai alat promosi mereka.

Hal ini dapat kamu manfaatkan. Gunakan tools dengan proses yang mudah, bahkan hanya bermodalkan smartphone kamu, seperti Canva. Melalui tools tersebut, kamu bisa membuat desain logo, poster digital, banner, dan lainnya.

7. Bisnis Jasa Foto & Video

Punya skill pada fotografi atau videografi? kamu bisa menjadikan skill tersebut sebagai peluang usaha rumahan yang cukup menjanjikan. kamu hanya perlu memiliki portfolio dan menjualnya ke calon client. Bahkan, kamu bisa membuka studio foto yang bisa digunakan untuk foto wisuda, foto keluarga, atau newborn photography.

8. Menjual Frozen Food

Frozen food kerap digunakan untuk berbagai acara, selain dikonsumsi pribadi. Hal inilah yang membuat frozen food menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Terlebih lagi bisa dilakukan di rumah. Kerja sama antara istri dan suami membangun bisnis rumahan, bukan tidak mungkin akan membuahkan hasil yang maksimal.

BACA JUGA :   Pengertian Branding dan Beberapa Manfaatnya

Modal yang harus kamu siapkan adalah sebuah freezer dan aneka frozen food. Selain harga yang murah meriah, menjual frozen food juga cukup praktis dan banyak peminatnya.

9. Usaha barber shop

Dalam beberapa tahun terkahir, khususnya di wilayah perkotaan, bisnis rumahan yang satu ini mulai menjamur. Dewasa ini, bagi kalangan pria metroseksual, urusan potong rambut bukan lagi merupakan urusan sepele yang dapat dilakukan hanya dengan memanggil tukang cukur keliling dan dilakukan di bawah pohon. Kebutuhan untuk tampil necis tersebut menjadikan bisnis rumahan yang satu ini menjadi peluang yang menjanjikan buat kamu.

10. Penyewaan Kamera

Masih berkaitan dengan bisnis sebelumnya. Jika kamu memiliki peralatan fotografi, memiliki usaha sewa menyewa barang seperti ini ternyata ada pasarnya, lho. Usaha ini tidak bisa diremehkan karena masih banyak yang membutuhkan penyewaan alat seperti kamera, rental gadget yang berhubungan dengan videografi. Umumnya, bisnis ini dihitung dengan tarif harian.

Demikian 10 Rekomendasi ide bisnis rumahan yang menguntungkan dan bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!