Satgas Saber Pungli Lakukan Sosialisasi, Ini Pesan Kasat Bimas

PORTALBEKASI.COM – Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Pebayuran, Polres Metro Bekasi melaksanakan sosialisasi Satuan Tugas (Satgas) Saber pungutan liar (Pungli), Rabu (02/11/22).

Kegiatan tersebut diikuti oleh perangkat desa dan kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi.

Sosialisasi yang dilakukan merupakan upaya pencegahan nyata dalam pemberantasan pungli, gratifikasi dan dengan tindakan tegas. Sehingga dapat menimbulkan efek jera kepada pelaku.

Hadir sebagai narasumber, Kasat Bimas, Kompol Bowo Lesmono, SH dan Kasiwas Polres Metro Bekasi, AKP Harianja, SH.

Selain itu hadir pula Camat Pebayuran, Sekretaris Kecamatan (Sekcam), Kepala Puskesmas Karang Harja dan Kepala Puskesmas Pebayuran serta Kepala KUA Kecamatan Pebayuran.

Dalam pemaparannya, Kasat Bimas, Kompol Bowo Lesmono, SH menjelaskan, tujuannya dibentuk Satgas Saber Pungli demi terwujudnya pelayanan pemerintah yang bersih.

“Tugas pokok yakni melaksanakan pemberantasan pungli secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil satuan kerja,” terangnya.

Dirinya juga menjelaskan, Satgas Saber pungli bertugas mengawal dan mencegah praktek pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mengaku sebagai kontrol sosial.

Selanjutnya, Satgas Saber Pungli berharap dengan adanya pengawasan maka dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik, sehingga dapat merubah pola pikir dan budaya pungli pada unsur Birokrasi.

Sementara itu, Kasiwas Polres Metro Bekasi, AKP Harianja SH, berharap kepada seluruh instansi yang melakukan pelayanan masyarakat supaya menghindari pungutan-pungutan yang melanggar aturan. (*)

banner 120x600