Luncurkan Aplikasi, Ini Harapan Dani Ramdan

PORTALBEKASI.COM – Untuk meningkatkan pembelian produk dalam negeri, Pemerintah Kabupaten Bekasi akan meluncurkan aplikasi e-katalog dan toko daring lokal Kabupaten Bekasi yang bernama “BEBELI” (Bekasi Berani Beli).

Peluncuran aplikasi tersebut merujuk pada arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, terkait pembelanjaan barang dan jasa menggunakan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) produksi dalam negeri.

“Sesuai dengan arahan Presiden RI untuk meningkatkan pembelian produk dalam negeri, maka kita akan kembangkan strateginya melalui e-katalog dan toko daring buatan sendiri, yaitu BEBELI atau Bekasi Berani Beli,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Selasa (12/7).

Untuk memajukan UMKM, dirinya akan memerintahkan kepada seluruh ASN Kabupaten Bekasi untuk dapat berkontribusi dengan membeli produk UMKM lokal Kabupaten Bekasi pada aplikasi tersebut, serta bagi Perangkat Daerah untuk dapat membelanjakan anggaran dengan nominal tertentu menggunakan aplikasi tersebut.

“Saya juga akan perintahkan seluruh pegawai untuk membeli produk UMKM dalam aplikasinya, tidak ada dihitung berapa minimalnya tapi nanti akan dikaitkan dengan pencairan TPP,” tambahnya.

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, ia meminta kepada Perangkat Daerah terkait untuk dapat meningkatkan jumlah penyedia produk yang terdaftar, sehingga segala kebutuhan Perangkat Daerah dapat dipenuhi dengan produk lokal dalam satu aplikasi yang sama.

“Mulai sekarang dilengkapi barang-barangnya terutama untuk kebutuhan dinas. Jadi jika sudah lengkap bisa langsung dipergunakan dinas untuk pembelian produk,” tuturnya.

Terakhir, ia berharap hal ini tidak hanya berlaku bagi ASN dan Perangkat Daerah saja, tetapi seluruh masyarakat terutama di Kabupaten Bekasi juga dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Bagi masyarakat bentuknya himbauan dan akan diadakan insentif misalnya ada gratis ongkos kirimnya, jadi masyarakat berminat menggunakan aplikasi ini untuk belanja sehari-hari,” tutupnya.

Sebagai informasi, aplikasi BEBELI ini khusus menyediakan berbagai produk UMKM Kabupaten Bekasi. Para ASN, instansi pemerintahan, pihak swasta, dan seluruh masyarakat dapat berbelanja menggunakan aplikasi tersebut. Saat ini, penjual telah diklasterkan ke dalam wilayah per Kecamatan guna memudahkan pengiriman produk. Terdapat sekitar 250 – 300 UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi siap mendaftar di aplikasi BEBELI. (*)

banner 120x600