Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merangkak Naik

Sejumlah pedagang sayur mengeluhkan naiknya harga cabai. (Foto: Sumardi)
Sejumlah pedagang sayur mengeluhkan naiknya harga cabai. (Foto: Sumardi)

PORTALBEKASI.COM – Pedagang sayur mayur di pasar tradisional Rengasdengklok, Kabupaten Karawang mengeluhkan harga sejumlah kebutuhan yang terus merangkak naik. Kebutuhan yang mengalami kenaikan diantaranya, cabai dan bawang merah.

Baca juga : Warga Resah, Tiang Listrik Miring

Komoditas yang mengalami kenaikan cukup tinggi di antara cabai rawit merah, cabai rawit ijo, cabai merah besar dan bawang merah.

“Hampir semua sayuran harganya naik, jadinya pembeli banyak yang protes dan mereka rata-rata mengurangi jumlah pembeliannya, yang biasanya beli 2 kilogram paling sekarang hanya membeli 1/4 kilogram,” ujar Asmu salah seorang pedagang sayur mayur di pasar Rengasdengklok, Karawang , Rabu (6/7/2022).

Baca juga : Resah Dengan Harga Minyak Goreng, Yayasan Pelangi Mandiri Lakukan Ini

Asmu menjelaskan, kenaikan harga cabai dan bawang merah sudah sejak 2 bulan lalu. Dia mengaku sejak terjadi kenaikan, penjualan menurun drastic.

“Hasil keuntungan penjualan hanya bisa untuk menutupi biaya transportasi, uang kebersihan, beli kantong plastik untuk wadah sayuran dan belum yang lainnya,” sambung Asmu.

Baca juga : Sulit Beli Solar, Nelayan Muaragembong Gak Bisa Melaut

Asmu menjelaskan, sebelumnya harga cabai rawit ijo sekitar Rp.20 ribu, cabai rawit merah Rp.30 ribu, cabai merah besar Rp.30 ribu dan bawang merah Rp.25 ribu.

“Sekarang harga cabai rawit merah sampai Rp.90 ribu, cabai rawit ijo Rp.72 ribu, cabai merah besar Rp.85 ribu dan bawang merah sampai Rp.62 ribu, bingung jualnya sekarang ini karena harganya naik,” ujar dia. (*)

banner 120x600