Tridaya Sakti Bentuk Destana, Ini Harapan Kades

PORTALBEKASI.COM – Bertempat di aula Kantor Desa Tridaya Sakti, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Desa Tangguh Bencana (Destana) resmi terbentuk, Selasa, (7/6/2022).

Kepala Desa Tridaya Sakti, Suwardi Wada mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendorong partisipasi dan meingkatkan kepedulian warga untuk membantu korban bencana alam.

“Kami bentuk Destana melibatkan tokoh masyarakat, PKK, Karang Taruna dan unsur lembaga masyarakat desa lainnya,” ujar Suwardi.

Dirinya berharap dengan terbentuknya kepengurusan Destana mampu mendeteksi, mengantisipasi dan menanggulangi bencana baik bencana alam maupun sosial.

Ia menjelaskan, seluruh anggota Destana dibekali pengetahuan khusus untuk bisa diterjunkan saat terjadi kondisi darurat dan bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Bekasi.

“Bencana alam tidak bisa diprediksi. Kapan pun bisa terjadi maka tugas kita tetap selalu waspada dan antisipasi dini,” ujarnya.

Ia mengatakan, bencana alam yang rawan terjadi adalah banjir dan angin kencang sehingga masyarakat harus tetap melakukan antisipasi dini.

“Membentuk tim tanggap bencana pada setiap desa, sebagai langkah cepat untuk melakukan pertolongan kepada korban bencana,” pungkasnya. (*)

banner 120x600