Daerah  

Musrenbang, Ketua Katar Pebayuran: Jangan Sibuk Membangun, Tapi Lupa SDM

PORTALBEKASI.COM – Pemkab Bekasi pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Pebayuran, Senin (31/01/22) memfokuskan pembangunan infrastruktur.

Infrastruktur yang difokuskan Pemkab Bekasi sebagian besar berupa pembangunan fisik seperti bangunan sekolah, jalan, lingkungan hidup dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Pebayuran, Hamdan Arrasyid menilai, pembangunan infrastruktur penting, namun kata dia ada pembangunan yang tidak kalah penting yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Terima kasih kepada Pemkab Bekasi yang sudah memprioritaskan pembangunan fisik, tapi saya menilai Pemkab Bekasi lupa membangun sumber daya manusia (SDM),” kata Hamdan saat sesi tanya jawab pada musrenbang tingkat kecamatan Pebayuran yang dilaksanakan di Aula Ponpes Al-Bina Islamic Boarding Scholl.

Dihadapan perwakilan SKPD, lelaki yang akrab disapa Hamdan Bule itu berharap agar Pemkab Bekasi tidak mengesampingkan pembangunan SDM.

“Saya mewakili unsur pemuda di Pebayuran dan Bekasi, sangat berharap pembinaan, pelatihan dan pembangunan SDM agar ditingkatkan,” ujarnya seraya berharap.

Di Pebayuran kata dia, mayoritas wilayahnya adalah pertanian, dirinya berharap pemuda yang ada di wilayahnya bisa jadi direktur untuk dirinya sendiri.

“Ketika SDM pemuda ditingkatkan, saya yakin pemuda di Pebayuran tidak terlalu berharap dengan dunia industri (buruh pabrik-red), kawan-kawan di Pebayuran bisa menjadi pengusaha untuk dirinya sendiri bahkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi kawan-kawan yang lain,” terang dia.

Sebelumnya Pelaksanaan Tugas (Plt) Bupati Bekasi, H. Ahmad Marjuki saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Pebayuran dalam sambutannya menyampaikan berbagai program di Kabupaten Bekasi seperti infrastrukur pendidikan, seperti pemberian bea siswa.

Kemudian bidang kesehatan seperti jaminan kesehatan untuk masyarakat, serta peningkatan akreditasi puskesmas yang di Kabupaten Bekasi.

Untuk program lingkungan, Bupati menghimbau agar warga masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarang.

Dirinya juga menghimbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke saluran air.

“Bersihkan saluran air secara rutin agar kebersihan lingkungan dapat terjaga dengan baik dan tidak berdampak banjir,” kata Marjuki.

Plt Bupati pun menghimbau agar masayarakat tidak membangun rumah di bantaran sungai.

“Ini yang kedua kalinya saya datang ke Pebayuran, yang pertama meninjau tanggul citarum, dan ini yang kedua. Saya bawa kekuatan penuh, bawa Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) terkait supaya usulan dari masyarakat bisa terealisasi,” ujarnya. (*)

banner 120x600