Daerah  

Internet Banking Program Pelatihan untuk Perangkat Desa di Bekasi

PORTALBEKASI.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Ida Farida, Sabtu (22/1/2022) mengapreasiasi program yang digagas Operator Siskeudes (OPSI) untuk meningkatkan kemampuan para perangkat desa dengan melaksanakan pelatihan Internet Banking.

“Meminialisir kebocoran-kebocoran dalam pengelolaan keuangan desa dengan sistem Internet Banking Corporate (IBC) memudahkan juga dari aspek penggunaan keuangan. Biasanya, kan tadinya mereka ke Bank, dengan sistem ini mereka tinggal menggunakan sistem ini yang ada di tingkat desa yang terkoneksi di kabupaten juga langsung ke Bank Bjb,” kata Ida.

Kemudian, kata Ida, para aparatur desa ini bisa memasukan perencanaan mereka dari Januari sampai Desember dan berharap di 2022 ini perencanaan bisa ontime.

“IBC ada aplikasinya, kita bekerjasama dengan Bjb kemudian siskeudes-kan sistem aplikasinya bekerjasama dengan BPKP, tinggal pemutahiran para operatornya. Jadi kita terus menerus berikan pelatihan untuk para operatornya yang merupakan perangkat desa. Baik kita yang visit ke desa, desa ke DPMD dan hari ini juga memang dikombinasikan dengan memaparkan kebijakan skala makro kemudian teknisnya penggunaan IBC ada juga narasumber dari BPKP biar di tahun 2022 ini pengelolaan keuangan desa lebih tranparan dan akuntabel,” jelas Ida usai membuka bimbingan teknis Operator Siskeudes, Jum’at malam (21/01/22).

Usai membuka kegiatan tersebut Ida berharap operatornya bisa belajar dengan sungguh-sungguh karena pelatihan ini bermanfaat untuk mereka para perangkat desa.

“Harapan saya operatornya bisa belajar dengan sungguh- sungguh tadi saya minta agar betul betul bisa lebih serius lagi mengaplikasikan program kegiatan ini untuk keperluan laporan di desa. Jangan lupa setiap kali hasil pelatihan mereka harus laporan pada Kepala Desa, inikan suka gak laporan jadi kepala desa bertanya pada mereka apa hasil dari pelatihan. Kita mohon disini mereka benar-benar ikuti secara detail program ini dengan sebaik-baiknya pelatihan yang bermanfaat untuk mereka para perangkat desa, kan bebas dari tugas tapi tidak boleh main-main kerja yang benar dan ini dikelola oleh mereka, dari mereka, untuk mereka,” harap Ida sambil memberikan semangat pada para peserta pelatihan operator Siskeudes.

Ditempat yang sama, Ketua OPSI, Aris Budiono melihat kedepan menjadi tantangan tersendiri bagi para perangkat desa bukan hanya memahami tapi juga mengerti melakukan laporan menggunakan IBC.

“Harapan saya sebagai Ketua OPSI agar desa-desa di Kabupaten Bekasi bisa mengikuti program Internet Banking Corporate (IBC) karena tahun 2022 ini desa di Kabupaten Bekasi wajib memakai IBC. Dan saya ucapkan terimakasih kepada para peserta yang begitu serius dalam kegiatan tersebut dan benar-benar belajar tidak ada yang main-main. Saya juga mengucapkan terimakasi kepada pihak DPMD Kabupaten Bekasi, BPKP, BJB dan tenaga ahli (TA) yang begitu sabar membimbing peserta pelatihan IBC sehingga aparatur desa ini memahami regulasi keuangan di Desanya masing-masing,” kata Aris usai digelarnya pelatihan tersebut. (*)

banner 120x600