Tidak Terfokus Kegiatan Fisik, Musrenbangdes Sumberurip Usulkan Pemberdayaan

PORTALBEKASI.COM – Musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) Sumberurip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi yang dilaksanakan di aula kantor Selasa (11/01/22) menghasilkan 20 usulan pembangunan yang menjadi skala prioritas.

Kepala Desa Sumberurip, H. Jajang Sujai dalam sambutannya menyampaikan, rencana pembangunan yang diusulkan dalam musrenbangdes merupakan aspirasi warga.

“Musrenbangdes ini akan dimasukkan kedalam musrenbang kecamatan untuk kegiatan tahun 2023,” terang H. Jajang.

Usulan yang akan disampaikan kata dia, tidak terfokus kepada kegiatan pembangunan fisik. Pihaknya juga mengusulkan kegiatan pelatihan dan pemberdayaan masyarakat.

“Kami juga mengusulkan kegiatan pelatihan. Tujuannya untuk mendorong wirausaha warga dalam meningkatkan ekonomi,” ujar dia.

Selain meningkatkan ekonomi warga, pihak desa pun mengusulkan pembangunan yang bersentuhan langsung dengan petani.

“Mayoritas penduduk di Desa Sumberurip ini petani, jadi kita pun sangat memikirkan nasib para petani supaya tidak kesulitan akses jalan dan pompanisasi,” terangnya.

Usulan untuk meningkatkan ekonomi petani diantaranya, pembangunan TPT, pembangunan gorong-gorong, pembuatan jembatan, pembangunan drainase, rabat beton jalan usaha tani, pengadaan pupuk organik, normalisasi saluran kali pembangunan, serta pengadaan alat pertanian atau traktor.

“InsyaAllah semua aspek kita usulkan, mulai dari peningkatan SDM, peningkatan ekonomi warga dan petani, kami juga mengusulkan penerangan jalan lingkungan dan pengadaan tempat pembuangan sampah (TPS),” pungkasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan Musrenbangdes Sumberurip dihadiri oleh, Kepala Desa Sumberurip, Jajang Sujai, Ketua BPD Sumberurip dan anggota, aparatur pemdes Sumberurip, pengurus PKK Desa Sumberurip, Karang Taruna Desa Sumberurip, tokoh masyarakat, Bhabinkamtibmas Ds. Sumberurip Bripka Bambang EPO dan Babinsa AD Serka Asmaun. (*)

banner 120x600