Perpusnas RI, Perpustakaan Tertinggi di Dunia Dengan Fasilitas Lengkap

PORTALBEKASI.CO. – Dalam sebuah buku ‘Revolusi Belum Selesai’ Presiden RI pertama Soekarno pernah berkata jika sebagian hidupnya dipergunakan untuk membaca.

“Saya ini, boleh dikatakan, sebagian dari pada hidup saya itu pekerjaan cuma membaca, membaca, membaca dan membaca”, kata Bung Karno dikutip dari buku revolusi belum selesai.

Kemudian untuk mendukung minat baca, Indonesia telah memiliki Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) yang beralamat di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta Pusat.

Gedung yang berhadapan langsung dengan Monumen Nasional (Monas) itu memiliki 27 lantai dan mendapatkan predikat sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia.

Perpusnas adalah perpustakaan yang terbuka bagi masyarakat umum, entah itu untuk membaca buku-buku, melakukan penelitian ataupun sekedar mengunjunginya.

Disana, ada berbagai macam koleksi buku, baik buku pelajaran, koleksi naskah sejarah dan lain sebagainya. Selain menyediakan berbagai macam buku, fasilitas yang ada begitu lengkap dan nyaman.

Salah satu yang tak boleh tertinggal bagi masyarakat yang mengunjungi Perpusnas adalah memiliki kartu anggota perpustakaan, karena dengan itu masyarakat dapat memiliki akses lebih di banding yang tidak memiliki kartu anggota, salah satunya bisa untuk meminjam buku bacaan umum (khusus warga domisili Jabodetabek).

Kendati demikian, Perpusnas memberikan kemudahaan akses bagi masyarakat yang ingin menjadi bagian dari Perpusnas dengan mendaftarkan dirinya menjadi anggota perpustakaan.

Pada Kamis (16/12/21) kemarin, PORTALBEKASI.COM mencoba kemudahan akses dalam pembuatan kartu anggota di lantai 2.

Yang harus dilakukan, pertama pengunjung mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar yang telah disediakan oleh Perpusnas yang ada di lantai 2.

Setelah selesai mengisis formulir, pengunjung mendapatkan nomor antrian untuk selanjutnya melakukan pengecekan data oleh petugas dan setelah itu melakukan pemotretan.

Tak butuh waktu lama masyarakat dapat langsung menerima kartu anggota perpustakaan secara gratis.

Menurut salah satu petugas pendaftaran, bahwa saat ini kartu anggota Perpustakaan Nasional (Perpusnas) sudah terintegrasi dengan sistem Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) artinya hanya dengan kartu identitas seperti KK, KTP atau KIA masyarakat bisa membuatnya.

Jadi tunggu apa lagi, ayo tambah pengetahuan kita dengan membaca berbagai macam buku dan artikel. (*)

banner 120x600