Untuk Keselamatan, Pendaki Gunung Lawu Wajib Pakai Ini

PORTALBEKASI.COM – Untuk melindungi pendaki di Gunung Lawu dari risiko cedera kaki pada saat mereka melakukan perjalanan.

Pendaki Gunung Lawu, khususnya yang melalui jalur pendakian di wilayah Karanganyar kini harus menggunakan sepatu pendakian.

Ketentuan ini diberlakukan sejak pertengahan November 2021.

Salah seorang sukarelawan di jalur pendakian jalur Candi Cetho, Eko Suwardi Memora mengatakan, berdasarkan pengalaman evakuasi pendaki yang mengalami masalah, sebagian mengalami cedera kaki karena mereka hanya menggunakan sandal gunung.

“Sejak pertengahan November ini semua pendaki harus menggunakan sepatu khusus pendakian. Aturan ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, tetapi sering diabaikan. Berdasarkan peristiwa-peristiwa pendakian beberapa waktu terakhir, banyak yang kakinya keseleo karena mereka hanya pakai sandal,” ujarnya, Sabtu (27/11/2021).

Namun, jika pendaki lupa atau tidak tahu aturan ini, mereka dapat menyewa sepatu di basecamp-basecamp di sekitarnya.

Terpisah, Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Sunardi, mengatakan aturan ini juga berlaku bagi pendaki dari jalur Cemara Kandang.

“Di Cemara Kandang juga sama, pendaki harus memakai sepatu untuk mengurangi risiko cedera pergelangan kaki,” ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di solopos.com dengan judul: Pendaki Gunung Lawu Wajib Pakai Sepatu

banner 120x600