Minum Kopi Bisa Cepat Tua, Hindari Kebiasaan Ini

PORTALBEKASI.COM – Kopi tentu saja banyak diminati, baik kaum laki-laki maupun perempuan, meminum kopi diyakini dapat memberikan energi yang lebih.

Selain menyegarkan, kopi juga diketahui dapat menurunkan beberapa risiko penyakit, mulai dari masalah jantung, diabetes tipe 2, hingga kanker hati

Akan tetapi, kopi pun bisa berdampak buruk bagi tubuh apabila mengonsumsi kopi dengan cara yang tidak tepat, khususnya dalam hal mempercepat penuaan.

Yuk simak sejumlah kebiasaan minum kopi yang harus dihindari, karena bakal membuat kita terlihat lebih cepat tua.

1. Mengganti sarapan dengan minum kopi
Banyak yang mengatakan, sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari.

Jadi, tentu saja menggantinya dengan minum kopi tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Menurut ahli nutrisi dan CEO dari NY Nutrition Group, Lisa Moskovitz, melewatkan sarapan bisa menyebabkan diet yang kurang bergizi, karena bertentangan dengan kebutuhan penuaan yang lebih sehat.

Alih-alih melewatkan sarapan dan langsung minum kopi, Moskovitz menyarankan untuk menyantap makanan sehat untuk sarapan.

Misalnya, buah segar, biji-bijian, maupun kacang-kacangan, yang dikemas dengan serat dan antioksidan.

2. Minum kopi yang terlalu manis
Jika kita tidak ingin minum kopi hitam dan lebih suka menambahkan krim atau pemanis, maka preferensi ini bisa memengaruhi kesehatan. Hal ini tergantung seberapa banyak gula/krim yang kita tambahkan.

“Gula jumlah sedang dalam kopi memang tidak ada masalah, tetapi selalu menambahkannya dapat membuat penumpukan gula dalam tubuh dari waktu ke waktu,” kata Moskovitz.

Secara khusus, seiring bertambahnya usia, kita bisa melihat bagaimana dampak minum kopi yang terlalu manis bisa meningkatkan gula darah, peradangan, dan banyak kondisi buruk kesehatan lainnya.

3. Tidak minum air putih
Minum air putih adalah kebiasaan yang sering dilupakan banyak orang, terutama setelah kita banyak minum banyak kopi.

Hal ini tentunya bisa menjadi penyebab dehidrasi dan bencana bagi kesehatan secara keseluruhan.

Menurut Moskovitz, tidak minum air putih usai mengonsumsi kafein dapat menyebabkan dehidrasi yang berdampak negatif pada kulit, pencernaan, tingkat energi, penyerapan nutrisi, dan bahkan persendian.

4. Minum kopi sepanjang hari
Saat memilih kapan harus minum kopi, lakukanlah yang terbaik untuk tetap berpegang pada pagi hari.

Meskipun kafein tidak membuat kita terjaga hingga larut malam, namun hal itu tidak berarti kita perlu minum secangkir kopi sebelum tidur.

Moskovitz mengungkapkan, kafein adalah stimulan yang bila dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur akan mengganggu istirahat yang cukup.

Tidur yang buruk juga dinilai dapat mendatangkan malapetaka pada pemulihan, sistem kekebalan tubuh, suasana hati, energi, metabolisme, dan sebagainya.

5. Menambahkan pemanis buatan
Ini adalah masalah lain yang berhubungan dengan kebiasaan minum kopi. Menggunakan pemanis buatan sebenarnya bisa mendatangkan dampak serius pada kesehatan dalam jangka panjang.

Moskovitz mengatakan, pemanis buatan yang tidak mengandung nutrisi seperti sucralose dan aspartame.

Hal inilah yang lantas dapat membahayakan kadar insulin, serta kesehatan usus yang memengaruhi semua jalur vital dalam tubuh.

Dengan demikian, pemanis buatan dapat membuat kita menginginkan lebih banyak makanan manis di dalam tubuh sepanjang hari. (*)

banner 120x600